OPINI : PERAN DAN KONTRIBUSI BIG DATA DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPUSTAKAWANAN

Authors

  • Irhamni Ali Perpustakaan Nasional RI

Keywords:

Big Data, Pendidikan, Pelatihan, Kepustakawanan

Abstract

Saat ini pengetahuan baru muncul setiap saat, Setiap hari terdapat 2,5 quintillion byte data baru dan dalam 90 persen data ini dibuat dalam dua tahun terakhir saja. Pendidikan dan pelatihan sebagai sarana untuk memperbaharui pengetahuan dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan keadaan zaman yang serba cepat saat ini. Salah satu implementasi teknologi yang saat ini tengah menjadi sorotan adalah implementasi big data yang mampu memprediksi perilaku manusia. Tulisan ini akan melihat bagaimana peran dan kontribusi big data dalam pendidikan dan pelatihan di bidang kepustakawanan. Implementasi big data mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi siswa peserta diklat, staf pengajar, serta penyelenggara diklat. Pengembangan aplikasi diklat berbasis big data akan mampu memudahkan pengelola diklat perpustakaan melihat potensi dan masalah dari setiap peserta diklat. Berdasarkan data ini pengelola diklat akan mampu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap peserta diklat, pengajar diklat, bahan ajar diklat serta pelaksana diklat. Data tersebut bisa digunakan sebagai bagian dalam penyusunan kebijakan kegiatan Pusdiklat di masa depan.

References

Cusumano, M. (2013). MOOCs: Contexts and Consequences. Massacussets. Retrieved from chrome-extension://oemmndcbldboiebfnladdacbdfmadadm/http://ebusiness.mit.edu/research/papers/2013.05_Cusumano_MOOCs Contexts and Consequences.pdf

Dumbill, E. (2013). Making sense of big data.Mary Ann Liebert, NY

Gondaliya, T. P., & Hiren, J. (2015). New Big Things in Era of Digital Data : " Big data "& Big data Challenges with its Solution Using Different Tools. In 10th International CALIBER-2015 (p.496). http://doi.org/10.13140/RG.2.1.3557.0728

Gondaliya, T. P., & Hiren, J. (2015). New Big Things in Era of Digital Data : " Big data "& Big data Challenges with its Solution Using Different Tools. In 10th International CALIBER-2015 (p.496). http://doi.org/10.13140/RG.2.1.3557.0728

Hoy, M. B. (2014). Big data: an introduction for librarians. Medical Reference Services Quarterly. http://doi.org/10.1080/02763869.2014.925709

Jaseena, K. U., & David, J. M. (2014). B Ig D Ata M Ining. Nternational Journal of Business and Social Science, 40(August), 131"“140. http://doi.org/10.1016/j.medengphy.2011.09.021

Kim, Y. H., & Ahn, J. H. (2016). A Study on the Application of Big data to the Korean College Education System

Procedia Computer Science, 91(Itqm), 855"“861. http://doi.org/10.1016/j.procs.2016.07.096.

Kumbhar, R. (2009). Use of E-learning in Library and Information Science Education. DESIDOC Journal of Library & Information Technology, 29(1), 37"“41. http://doi.org/10.14429/djlit.29.228

Laney, D. (2001). 3D data management: Controlling data volume, velocity and variety. META Group Research Note, 6, 70.

Lauren Reinhalter & Rachel J. Wittmann (2014) The Library: Big data"™s Boomtown, The Serials Librarian: From the Printed Page to the Digital Age, 67:4, 363-372, DOI: 10.1080/0361526X.2014.915605

Mayer-Schonberger, V., & Cukier, K. (2013). Big Data: The Essential Guide to Work, Life and Learning in the Age of Insight. Hodder & Stoughton. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=tXbAeel64gwC

Pardos, Z. A. (2017). Big data in education and the models that love them. Current Opinion in Behavioral Sciences, 18, 107"“113. http://doi.org/10.1016/j.cobeha.2017.11.006

Peterson, A. (2018). Big data in Education: New Efficiencies for Recruitment, Learning, and Retention of Students and Donors. Handbook of Statistical Analysis and Data Mining Applications (Second Edition). Elsevier Inc. http://doi.org/10.1016/B978-0-12-416632-5.00013-X

Tong, T., & Li, H. (2018). Demand for MOOC - An Application of Big data. China Economic Review, 51, 194"“207. http://doi.org/10.1016/j.chieco.2017.05.007

Downloads

Published

2020-02-07