DIKLAT KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Sebagai Kepala Perpustakaan Sekolah
Abstract
Pelatihan merupakan bagian dari suatu proses pendidikan, yang tujuannya untuk meningkatan kemampuan atau keterampilan khusus seseorang atau kelompok orang atau peningkatan keterampilan pegawai yang sudah menduduki suatu pekerjaan atau tugas tertentu. sebagian besar tenaga perpustakaan sekolah di Indonesia 94% mempunyai kualifikasi pendidikan non-ilmu perpustakaan. Karenanya penting untuk ditingkatkan kompetensi kepustakawanannya agar dapat mengelola perpustakaan lebih baik. Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah (KPS) keberadaannya menjadi sangat penting untuk meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan sebagai kepala perpustakaan sekolah. Kepala Perpustakaan Sekolah/ Madrasah dituntut untuk memiliki 6 dimensi kepemimpinan yang kemudian terbagi dalam 18 kompetensi dan 80 sub kompetensi sesuai dengan Permendiknas No. 25 Tahun 2008. Keberhasilan Diklat KPS akan menjadi langkah awal keberhasilan untuk mengelola perpustakaan lebih profesional dan lebih baik. Untuk mengetahui keberhasilan tersebut diperlukan evaluasi pasca diklat sebagai kegiatan untuk mengetahui sejauhmana dampak langsung dari hasil Diklat KPS.References
Anggoro Prasetyo Utomo, Karinka Priskila
Tehupeiory, Evaluasi Pelatihan dengan Metoda
Kirkpatrick Analysis, Jurnal Telematika, Vol.
no. 2, Institut Teknologi Harapan Bangsa,
Bandung 2016), rerieved from https://www.
academia.edu/35103127/ Evaluasi_Pelatihan_
dengan_Metode_Kirkpatrick_Analysis
Ghosh, Piyali, Jagdamba Prasad Joshi, Rachita
Satyawadi, Udita Mukherjee and Rashmi
Ranjan, "Evaluating effectiveness of a training
programme with trainee reaction", Industrial
and Commercial Training
, Vol. 43, fetrieved
from
(https://www.emeraldinsight.com/doi/
abs/10.1108/00197851111137861
, 2011).
Govil, S. K.; Usha, Kumar, The Importance
of Training in an Organization, Advances
in Management, Academic journal article,
, Retrieved from: https:// www.questia.
com/library/ journal/1P3-3189492491/theimportance-of-training-in-an-organization
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran.
Jakarta: Bumi Aksara, 1999.
Handayani, Keni Hesti, Analisis Kompetensi
Kepala Perpustakaan Sekolah (Studi
Kasus Pada Pemenang Juara Satu Lomba
Perpustakaan Sekolah Tingkat Kabupaten
Klaten Tahun 2016), UIN Sunan Kalijaga,
Program Studi Interdisciplinary Islamic
Studies Konsentrasi Ilmu Perpustakaan Dan
Informasi, 2017, retrieved from: http://digilib.
uin-suka.ac.id/27531/1/1520011036_BAB-I_
IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf.
Kamil, Mustofa, Model Pendidikan dan Pelatihan:
Konsep dan Aplikasi
. Bandung:Alfabeta, 2007)
Kumaran, Maha, Leadership in Libraries, A focus
on ethnic-minority librarians
, (Cambridge:
Chandos Publishing, 2012),
Sheila Baker (2016), From Teacher to School
Librarian Leader and Instructional Partner:
A Proposed Transformation Framework for
Educators of preservice School Librarians,
School Libraries Worldwide, Volume 22
Number 1, 2016
Sukardi, Evaluasi Program Pendidikan dan
Kepelatihan
. Jakarta: Cetakan ke 2, Bumi
Aksara, 2015.
Widoyoko, Eko Putro, Evaluasi Program
Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik
dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pusat Pelajar,
Dl