DIKLAT KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Sebagai Kepala Perpustakaan Sekolah

Authors

  • Agus Supriana Perpustakaan Nasional RI

Abstract

Pelatihan merupakan bagian dari suatu proses pendidikan, yang tujuannya untuk meningkatan kemampuan atau keterampilan khusus seseorang atau kelompok orang atau peningkatan keterampilan pegawai yang sudah menduduki suatu pekerjaan atau tugas tertentu. sebagian besar tenaga perpustakaan sekolah di Indonesia 94% mempunyai kualifikasi pendidikan non-ilmu perpustakaan. Karenanya penting untuk ditingkatkan kompetensi kepustakawanannya agar dapat mengelola perpustakaan lebih baik. Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah (KPS) keberadaannya menjadi sangat penting untuk meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan sebagai kepala perpustakaan sekolah. Kepala Perpustakaan Sekolah/ Madrasah dituntut untuk memiliki 6 dimensi kepemimpinan yang kemudian terbagi dalam 18 kompetensi dan 80 sub kompetensi sesuai dengan Permendiknas No. 25 Tahun 2008. Keberhasilan Diklat KPS akan menjadi langkah awal keberhasilan untuk mengelola perpustakaan lebih profesional dan lebih baik. Untuk mengetahui keberhasilan tersebut diperlukan evaluasi pasca diklat sebagai kegiatan untuk mengetahui sejauhmana dampak langsung dari hasil Diklat KPS.

References

Anggoro Prasetyo Utomo, Karinka Priskila

Tehupeiory, Evaluasi Pelatihan dengan Metoda

Kirkpatrick Analysis, Jurnal Telematika, Vol.

no. 2, Institut Teknologi Harapan Bangsa,

Bandung 2016), rerieved from https://www.

academia.edu/35103127/ Evaluasi_Pelatihan_

dengan_Metode_Kirkpatrick_Analysis

Ghosh, Piyali, Jagdamba Prasad Joshi, Rachita

Satyawadi, Udita Mukherjee and Rashmi

Ranjan, "Evaluating effectiveness of a training

programme with trainee reaction", Industrial

and Commercial Training

, Vol. 43, fetrieved

from

(https://www.emeraldinsight.com/doi/

abs/10.1108/00197851111137861

, 2011).

Govil, S. K.; Usha, Kumar, The Importance

of Training in an Organization, Advances

in Management, Academic journal article,

, Retrieved from: https:// www.questia.

com/library/ journal/1P3-3189492491/theimportance-of-training-in-an-organization

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran.

Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

Handayani, Keni Hesti, Analisis Kompetensi

Kepala Perpustakaan Sekolah (Studi

Kasus Pada Pemenang Juara Satu Lomba

Perpustakaan Sekolah Tingkat Kabupaten

Klaten Tahun 2016), UIN Sunan Kalijaga,

Program Studi Interdisciplinary Islamic

Studies Konsentrasi Ilmu Perpustakaan Dan

Informasi, 2017, retrieved from: http://digilib.

uin-suka.ac.id/27531/1/1520011036_BAB-I_

IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf.

Kamil, Mustofa, Model Pendidikan dan Pelatihan:

Konsep dan Aplikasi

. Bandung:Alfabeta, 2007)

Kumaran, Maha, Leadership in Libraries, A focus

on ethnic-minority librarians

, (Cambridge:

Chandos Publishing, 2012),

Sheila Baker (2016), From Teacher to School

Librarian Leader and Instructional Partner:

A Proposed Transformation Framework for

Educators of preservice School Librarians,

School Libraries Worldwide, Volume 22

Number 1, 2016

Sukardi, Evaluasi Program Pendidikan dan

Kepelatihan

. Jakarta: Cetakan ke 2, Bumi

Aksara, 2015.

Widoyoko, Eko Putro, Evaluasi Program

Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik

dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pusat Pelajar,

Dl

Downloads

Published

2020-02-07