Peran Knowledge Management Dalam Perpustakaan
Keywords:
Manajemen pengetahuan (knowledge management), berbagi pengetahuan (knowledge sharing), pustakawanAbstract
Dunia bisnis telah lama menerapkan konsep knowledge management sebagai aktivitas strategis dalam memuluskan upaya untuk memenangkan persaingan. Perpustakaan dan pustakawan harus belajar dari penerapan tersebut karena terbukti dapat mendukung berbagai aktivitasnya. Namun, knowledge management tidak hadir untuk mengendalikan penciptaan pengetahuan, melainkan sebagai pendukung dari aktivitas tersebut. Setiap perpustakaan harus berjuang untuk menjadi fasilitator dengan cara memobilisasi dan mendayagunakan segenap sumber daya yang dimilikinya.Knowledge management memiliki fungsi dalam meningkatkan kemampuan perpustakaan untuk belajar dari lingkungannya, serta menggabungkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, baik yang selama ini belum maupun telah terdokumentasi, ke dalam proses dan aktivitas pengelolaan informasi.Beberapa elemen pendukung penerapan konsep knowledge management di antaranya adalah ketersediaan dan penggunaan teknologi informasi, aspek kepemimpinan yang kuat dan visi yang jelas dari level pimpinan maupun organisasi, serta kualitas sumber daya pengelola, terutama sekali pustakawannya.Downloads
Issue
Section
Articles