Model Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan Pengatalogan Bahan Perpustakaan Berbasis Resource Description And Access (RDA) Di Perpustakaan Nasional RI

Authors

  • Suharyanto - Suharyanto Pusat Pelatihan dan Pendidikan Perpustakaan Nasional RI

Keywords:

Kurikulum, Pengatalogan, Kompetensi, RDA,

Abstract

Resource Description and Access (RDA) merupakan standar pengatalogan bahan perpustakaan yang menggantikan Anglo American Cataloguing Rules second edition (AACR2). RDA diterbitkan pada tahun 2010 dan pada saat ini telah diterapkan di berbagai Perpustakaan Nasional di dunia. Perpustakaan Nasional RI akan mulai menerapkan RDA pada tahun 2017 ini. Sebagai salah satu kesiapannya dalam penerapan RDA adalah melalui pendidikan dan pelatihan pengatalogan RDA. Dengan diadakannya Diklat RDA maka tenaga perpustakaan mempunyai kompetensi dalam penerapan RDA. Kompetensi inti dalam pengorganisasian bahan perpustakaan terdiri dari dua kompenen, yaitu kompetensi pengatalogan deskriptif dan kompetensi pengatalogan subjek. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan kurikulum RDA dalam Diklat kepustakawan di Perpustakaan Nasional RI.  Metode kajian ini menggunakan kualitatif deskriptif melalui studi literatur dan fokus grup diskusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum diklat RDA dapat disusun dengan pola 60 jam pelatihan dan selanjutnya akan digunakan untuk diklat RDA di Perpustakaan Nasional.

Downloads