Mengenali Passion Tenaga Pengajar Pada Penyelenggaraan Diklat Kepustakawanan Berbasis Andragogi

Authors

  • Nasrullah - Nasrullah Pusat Pelatihan dan Pendidikan Perpustakaan Nasional RI

Keywords:

pendidikan dan pelatihan, andragogi, passion

Abstract

Pendidikan dan pelatihan (diklat) merupakan upaya untuk mengembangkan sumberdaya manusia terutama untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian manusia. Pendidikan dan pelatihan akan efektif dan efisien apabila dilaksanakan dengan pendidikan yang integral, dengan proses yang dimulai dari analisis kebutuhan diklat sampai evaluasi dan tindak lanjut. Keberhasilan pelaksanaan diklat sangat ditentukan oleh beberapa unsur dan unsur yang paling dominan adalah tersedianya tenaga pengajar yang profesional. Profesionalitas tenaga pengajar dalam penyelenggaraan diklat yang menerapkan pembelajaran orang dewasa (andragogi) bukan satu-satunya etos kerja yang harus dimiliki, pembelajaran pada orang dewasa memiliki karakteristik sendiri, pengajar diklat perlu memiliki kompetensi dalam hal konsep dasar, agar dapat menerapkan pola pendidikan bernuansa pendidikan bagi orang dewasa dalam pelaksanaannya. Di samping profesional dan kompeten, para tenaga pengajar dituntut memiliki passion agar mampu menyampaikan konsep dasar pendidikan, asumsi dasar, prinsip-prinsip, karakteristik dan suasana belajar serta implikasinya dalam penyelenggaraan suatu diklat. Peran tenaga pengajar dalam suatu diklat sangat dominan dalam menentukan keberhasilan dan kebermanfaatan suatu program diklat.

Downloads