AKTUAL : PENGUASAAN KONSEP LITERASI INFORMASI PESERTA DIKLAT CALON PUSTAKAWAN TINGKAT AHLI

Authors

  • Arief Wicaksono Pusat Pelatihan dan Pendidikan Perpustakaan Nasional RI
  • Widiyati kania Pusat Pelatihan dan Pendidikan Perpustakaan Nasional RI

Keywords:

Literasi Informasi, Pustakawan

Abstract

Penelusuran informasi dan literasi informasi mempunyai hubungan yang dekat dalam proses pelaksanaannya. Memperjelas hubungan keduanya, materi literasi informasi disampaikan dalam mata diklat Penelurusan Informasi pada Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli. Keberhasilan pengajaran materi diklat dinilai dari tingkat penguasaan materi yang telah diajarkan. Penelitian dilakukan untuk memahami secara khusus penguasaan konsep literasi informasi peserta diklat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti menjadi instrumen penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara online melalui email. Populasi dalam penelitian adalah peserta diklat angkatan XXXII dan XXXIV. Informan ditentukan berdasarkan kesediaan peserta diklat angkatan XXXII dan XXXIV untuk terlibat dalam penelitian. Hasil yang didapatkan adalah informan sesudah mengikuti diklat menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep literasi informasi. Konsep literasi informasi yang dikuasai informan masih melupakan prinsip penggunaan informasi secara etis. Peningkatan penguasaan konsep literasi informasi berbanding lurus dengan hasil penelitian lainnya bahwa informan menyatakan pengajaran materi literasi informasi dilakukan dengan baik sehingga mudah dicerna dan ditangkap.

Downloads