Aktual : Optimalisasi Diklat Perpustakaan Nasional RI
Abstract
Sudah merupakan agenda rutin bagi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional mengadakan Diklat yang pesertanya adalah pegawai dan pustakawan dari berbagai jenis perpustakaan di Indonesia. Penyelenggaraan diklat dimaksudan untuk mengisi kekurangan pengetahuan, ketrampilan dan sikap pegawai/ pustakawan dari kondisi saat ini dengan yang dibutuhan, untuk mengembangkan kualitasnya dalam mengelola perpustakaan sesuai perkembangan jaman. Perkembangan jaman baik ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, program pengembangan kurikulum dan manajemen diklatpun selalu berubah tiada hentinya, dengan pengelolaan yang lebih strategis efektif dan efisien. Pengiriman peserta didik yang tepat, widya iswara atau pengajar yang terpilih yang bisa membawa perubahan, analisa program kurikulum yang teliti dan terkini, serta manajemen yang up-dae, merupakan modal suksesnya penyelenggaraan diklat. Komitmen pengirim peserta diklat, pegawai/ pustakawan peserta diklat maupun penyelenggara diklat untuk mengembangkan kualitas pegawai dan pustakawan, merupakan dukungan yang sangat vital dalam mencapai sasaran atau tujuan yang diinginkan. Evaluasi pasca diklat penting dilakukan untuk mengetahui hasil pelaksanaan diklat, dan sebagai dasar untuk menindaklanjuti pemgembangan kurikulum ke depan. Kerjasama yang solid dari berbagai pihak menjadikan penyelenggaraan diklat berjalan dengan baik dan lancar. Dengan hasil diklat sesuai yang diharapkan, menjadikan Diklat Perpusnas merupakan tempat yang tepat, tempat yang diharapkan untuk mengembangkan pegawai dan pustakawan dalam memajukan perpustakaan dengan layanan primanya kepada masyarakat atau pemustaka.Downloads
Issue
Section
Articles